Senin, 30 April 2012

Titihan Samirono (Aeromovel Indonesia)


Titihan Samirono (Aeromovel Indonesia) merupakan kereta yang berjalan dengan tenaga angin (Jawa: samirana), melayang di jalan layang setinggi 6 meter dari atas tanah dengan kecepatan 15-20 km/jam, meskipun sesungguhnya kendaraan ini dapat melaju dengan kecepatan sampai dengan 60 km/jam. Kecepatan 15-20 km/jam merupakan kecepatan ideal mengingat panjang lintasan sekitar 3,2 km sekaligus memungkinkan para penumpang memiliki waktu lebih lama untuk memandang panorama Taman Mini lebih nyaman dan aman.

Titihan Samirono adalah suatu sistem angkutan penumpang massal merupakan hasil pengembangan teknologi aeromovel Brazil yang ditemukan dan dirancang oleh Oscar Coster dari Brazil. Salah satu keunikan sistem ini adalah pemanfaatan tenaga dorong-hisap udara sebagai penggerak.

Kereta layang ini dirancang sebagai kendaraan yang ringan karena di dalamnya tidak terdapat mesin, sehingga bebas polusi udara dan suara. Titihan Samirono merupakan salah satu alternatif angkutan yang menyajikan pelayanan murah, cepat, dan aman menjadi salah satu contoh bagi pengembangan transportasi massal di masa datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar