Minggu, 29 April 2012

Pintu Gerbang Utama �Kala Makara�


Gerbang utama berupa tiga lengkungan besar dengan ragam hias kala-makara, melatardepani Tugu Api Pancasila, terletak di Jalan Raya Taman Mini, sejajar dengan ruas jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), sekitar 200 meter dari gerbang tol Jagorawi.

Ragam hias kala-makara sering dijumpai pada pintu masuk bangunan candi di Jawa Tengah. Kala berbentuk mulut raksasa terbuka tanpa rahang bawah, berada di bagian atas, sedang makara menyerupai kepala naga, berada di bagian bawah. Kala-makara merupakan dua kekuatan yang ada di alam: kala sebagai kekuatan di atas (kekuatan matahari) dan makara sebagai kekuatan di bawah (kekuatan bumi). Kala bisa juga berarti waktu: setiap bentuk kehidupan manusia akan “dimakan” waktu. Waktu jualah yang abadi, sedangkan yang lain akan musnah.

Tiga lengkungan kala memiliki makna bahwa setiap orang yang masuk ke TMII akan memasuki lorong waktu: masa lalu, masa kini, dan masa akan datang. Lorong waktu masa lalu tergambar dalam bentuk museum-museum sejarah dan budaya, masa kini tersajikan dalam pergelaran seni-budaya, dan impian masa datang tercermin di wahana yang menampilkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar